MAN Insan Cendekia Serpong

By July 26, 2022 MAN Insan Cendekia
Peran Insan Cendekia

MAN Insan Cendekia Serpong

 

 

MAN Insan Cendekia Serpong – Untuk memenuhi keperluan sumber daya manusia yang berkualitas tinggi dalam pengendalian IPTEK yang didasari nilai keimanan dan ketakwaan, pada tahun 1996 atas inspirasi dari Prof. Dr. -Ing. Bacharuddin Jusuf Habibie, BPPT mendirikan Magnet School yang nantinya berubah namanya menjadi SMU Insan Cendekia di Serpong dan di Gorontalo melalui program penyetaraan IPTEK STEP (Science and Technology Equity Program) bagi sekolah-sekolah yang berada di lingkungan pondok pesantren. MAN Insan Cendekia Serpong

MAN Insan Cendekia Serpong

Pada tahun pelajaran pertama (1996/1997), penerimaan siswa SMU Insan Cendekia diprioritaskan bagi siswa-siswi SMU/MA kelas satu dan siswa-siswi tamatan SMP/MTs berprestasi yang berasal dari pondok pesantren dan sekolah Islam lainnya. Namun, mulai tahun pembelajaran kedua (1997/1998) SMU Insan Cendekia memberi peluang pula terhadap siswa-siswi SLTP umum dan MTs, baik negeri ataupun swasta. MAN Insan Cendekia Serpong

Pada tahun 2001, dengan SK Menteri Agama RI, Nomor 490 Tahun 2001 MA Insan Cendekia Serpong berubah menjadi Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia Serpong. MAN Insan Cendekia Serpong berlokasi di Jalan Cendekia, BSD Sektor XI, Kecamatan Serpong, Kota Tangerang Selatan, Banten. MAN Insan Cendekia Serpong

MAN Insan Cendekia Serpong

Visi

Terwujudnya sumber daya manusia yang berkualitas tinggi dalam keimanan dan ketakwaaan, menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, dan mampu mengaktualisasikan diri dalam kehidupan masyarakat. MAN Insan Cendekia Serpong

Misi

  1. Menyiapkan calon pemimpin masa depan yang menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, mempunyai daya juang tinggi, mampu berkomunikasi dalam bahasa internasional, inovatif, dan mempunyai landasan iman dan takwa yang kuat.
  2. Membentuk sumber daya tenaga pendidik dan tenaga kependidikan yang profesional.
  3. Menjadikan MAN Insan Cendekia Serpong sebagai madrasah model dalam pengembangan pengajaran iptek dan imtak bagi lembaga pendidikan lainnya.

Profil Lulusan

Aspek Sikap
  • Mempunyai keimanan dan ketaqwaan terhadap Allah SWT.
  • Mempunyai nilai-nilai etika dan estetika.
  • Mempunyai nilai-nilai demokrasi, toleransi, dan humaniora.
Aspek Pengetahuan
  • Memiliki pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab serta dampak fenomena dan kejadian. MAN Insan Cendekia Serpong
  • Menguasai ilmu pengetahuan, teknologi, dan kemampuan akademik untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.
Aspek Keterampilan
  • Memiliki kecakapan dalam bidang kepemimpinan
  • Memiliki kemampuan pikir dan tindak yang efektif dan kreatif dalam ranah abstrak dan konkret sebagai pengembangan dari yang dipelajari di sekolah secara mandiri. MAN Insan Cendekia Serpong
  • Memiliki keterampilan berkomunikasi (Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Bahasa Arab), kecakapan hidup, dan mampu beradaptasi dengan perkembangan lingkungan sosial, budaya dan lingkungan alam, baik lokal, regional, maupun global.
  • Memiliki kesehatan jasmani – rohani dan kemampuan kewirausahaan (entrepreneurship) yang bermanfaat untuk melaksanakan tugas dan kegiatan sehari-hari, terutama untuk membantu tugas atau aktivitas belajar.

Tujuan MAN Insan Cendekia

  1. Membentuk tamatan berkarakter Islami, berbudaya Indonesia, berwawasan kemanusiaan dan kebangsaan, berwawasan lingkungan, dan mampu melakukan perubahan yang didasari oleh prinsip – prinsip Islam rahmatan lil’alamin.
  2. Menjadikan tamatan yang menguasai dasar-dasar ilmu pengetahuan keislaman, sains, teknologi, ilmu sosial, dan seni-budaya untuk meraih prestasi di tingkat nasional dan internasional. MAN Insan Cendekia Serpong
  3. Membentuk tamatan yang mempunyai kemampuan berpikir kritis, kecakapan berkomunikasi, bekerja sama, kreativitas yang tinggi, dan jiwa kewirausahaan untuk menghadapi persaingan global.
  4. Meningkatkan kompetensi dan profesionalitas guru dan tenaga kependidikan melalui pengembangan keprofesian berkelanjutan.
  5. Meningkatkan mutu dalam menjaga keseimbangan kualitas iptek dan imtak melalui penguatan program akademik dan keasramaan yang berkelanjutan.
  6. Membangun sistem manajemen yang profesional, tangguh, dan terukur sehingga mampu memberdayakan diri serta memanfaatkan peluang yang ada dalam menyusun program secara optimal.
  7. Menjadikan MAN Insan Cendekia Serpong sebagai pusat pengembangan madrasah unggul dan pembinaan sumber daya manusia dalam bidang pendidikan di Indonesia.

Target MAN Insan Cendekia

  1. Terciptanya kehidupan religius di lingkungan madrasah dengan bercirikan perilaku rajin beribadah, rajin belajar, berlapang dada, mandiri, sederhana, ukhuwah, dan kebebasan berkreasi.
  2. Diperolehnya prestasi akademik dan non akademik yang optimal oleh peserta didik MAN Insan Cendekia Serpong.
  3. Terbentuknya peserta didik yang mempunyai kemampuan berkomunikasi secara aktif mengaplikasikan bahasa Internasional.
  4. Diterimanya tamatam MAN Insan Cendekia Serpong di perguruan tinggi yang berkualitas baik di dalam negeri ataupun di luar negeri lebih dari 90% tiap tahun.
  5. Diperolehnya prestasi akademik yang baik bagi alumni MAN Insan Cendekia Serpong selama studi di perguruan tinggi.
  6. Terciptanya MAN Insan Cendekia Serpong yang ramah anak dan ramah lingkungan.
  7. Terciptanya MAN Insan Cendekia Serpong yang mempunyai budaya penguatan pendidikan karakter, moderasi beragama, dan pendidikan anti korupsi.

Akademik MAN Insan Cendekia

Tahun ajaran 2017/2018 MAN Insan Cendekia Serpong mengaplikasikan Kurikulum 2013 dengan Sistem Kredit Semester (SKS). Kurikulum 2013 MAN Insan Cendekia Serpong ini adalah pedoman bagi seluruh civitas akademika MAN Insan Cendekia Serpong dalam menjalankan aktifitas di madrasah, supaya penyelenggaraan madrasah bisa dilaksanakan secara efektif, efisien dan akuntabel dalam rangka mencapai tujuan madrasah.

Kesiswaan MAN Insan Cendekia

Tujuan Umum

Pembinaan kesiswaan secara umum dilakukan dengan tujuan mendukung pencapaian tujuan pendidikan madrasah pada umumnya dan mendukung keberhasilan belajar siswa pada khususnya. MAN Insan Cendekia Serpong

Tujuan Khusus
  • Memantapkan kemampuan intelektual siswa dalam mendukung keberhasilan mengikuti program kurikulum,
  • Menumbuhkembangkan sikap kepemimpinan dan kemampuan berorganisasi siswa untuk membina kehidupan bersama guna meningkatkan ketahanan madrasah mencapai tujuan pendidikan,
  • Menumbuhkan sikap positif pada diri siswa untuk turut serta dalam kegiatan pendidikan dan pengajaran di lingkungan pendidikan guna meningkatkan pengamalan wawasan wiyata mandala yang sudah dimiliki siswa,
  • Memperluas wawasan keilmuan pada siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler,
  • Meningkatkan keterampilan berbahasa siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler,
  • Meningkatkan apresiasi seni dan budaya siswa melalui meningkatkan ekstrakurikuler,
  • Meningkatkan kesegaran jasmani dan rohani siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler,
  • Memperluas wawasan keagamaan, membina sikap beragama, serta meningkatkan keterampilan dakwah keagamaan melalui kegiatan ekstrakurikuler,
  • Membina kehidupan siswa di lingkungan pendidikan MAN Insan Cendekia Serpong.

Terwujudnya siswa yang berkepribadian Islami, mempunyai landasan akidah yang kuat, istiqamah dalam beribadah, berakhlakul karimah, dan mampu berkomunikasi dalam bahasa internasional, dengan indikator-indikator sebagai berikut:

  • Siswa mempunyai pemahaman akidah islamiyah yang benar dan mampu mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari.
  • Siswa mempunyai pemahaman perihal al-Quran dan Hadis dan mampu bersikap dan bertindak sesuai ajaran al-Quran dan Hadis.
  • Siswa mempunyai pemahaman perihal ibadah dan muamalah yang benar dan mampu mempraktekkannya dalam kehidupan sehari-hari.
  • Siswa mempunyai pemahaman perihal sejarah dakwah Rasulullah saw. dan para sahabat, keunggulan peradaban Islam serta kemajuan ilmu pengetahuan di dunia Islam.
  • Siswa mempunyai kemampuan berbahasa internasional baik dalam bacaan, tulisan, maupun percakapan/komunikasi.
  • Siswa mempunyai kemampuan melaksanakan ibadah fardlu ‘ain, fardlu kifayah, dan amalan-amalan sunnah.
  • Siswa mempunyai pengalaman yang integratif dalam sistem pengajaran dan pembinaan kehidupan sosial dan keagamaan.

Terwujudnya kepribadian dan lingkungan yang Islami serta kemampuan berkomunikasi dalam bahasa asing, dengan indikator-indikator sebagai berikut:

  • Terciptanya praktek kehidupan Islami di Kampus MAN Insan Cendekia.
  • Penggunaan bahasa internasional dalam suasana akademik dan pembinaan kehidupan keagamaan sehari-hari.

Demikian artikel tentang MAN Insan Cendekia Serpong. Semoga bermanfaat

 

 

MAN Insan Cendekia Serpong

Leave a Reply