Biaya MAN Insan Cendekia

By August 2, 2022 MAN Insan Cendekia
Peran Insan Cendekia

Biaya MAN Insan Cendekia

 

 

Biaya MAN Insan Cendekia – Kementerian Agama (Kemenag) segera membuka Seleksi Nasional Peserta Didik Baru (SNPDB) Madrasah Aliyah Negeri (MAN). Ada tiga program yang bisa dipilih calon peserta didik baru. Yaitu MAN Insan Cendekia (MAN IC), Madrasah Aliyah Negeri Program Keagamaan (MAN PK), dan Madrasah Aliyah Kejuruan Negeri (MAKN).

Ketertarikan siswa sekolah di madrasah saat ini terus mengalami peningkatan. Terdata, lebih dari 21 ribu siswa mendaftar Seleksi Nasional Peserta Didik Baru (SNPDB) Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia (IC), Program Keagamaan (PK), dan Madrasah Aliyah Kejuruan Negeri (MAKN) 2022/2023.

Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia meraih peringkat 2 se- Indonesia dari daftar 1000 sekolah terbaik yang dirilis Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi.

Biaya MAN Insan Cendekia

Biaya MAN Insan Cendekia

Semua biaya MAN Insan Cendekia  untuk siswa yang belajar disana ditanggung oleh pemerintah kecuali biaya asrama akomodasi dan biaya konsumsi yang secara keseluruhan sebesar Rp 3 juta. Untuk biaya MAN Insan Cendekia secara rinci setiap bulan tidak bisa diakses oleh khalayak ramai, melainkan hanya orang tua/wali siswa saja. Awal mulanya MAN Insan Cendekia memiliki program beasiswa penuh. Biaya MAN Insan Cendekia

Pada tahun 1996 MAN Insan Cendekia mulai beroperasi di Serpong dan satu tahun kemudian MAN Insan Cendekia menyusul beroperasi pada tahun 1997. Pada tahun pelajaran pertama (1996/1997), penerimaan siswa MAN Insan Cendekia diprioritaskan bagi siswa-siswi SMU/MA kelas satu dan siswa-siswi lulusan SMP/MTs berprestasi yang berasal dari pondok pesantren dan sekolah Islam lainnya. Akan tetapi, mulai tahun pelajaran kedua (1997/1998) MAN Insan Cendekia memberi kesempatan pula kepada siswa-siswi SLTP umum dan MTs, baik negeri maupun swasta.

Tujuan MAN Insan Cendekia

  1. Membentuk tamatan berkarakter Islami, berbudaya Indonesia, berwawasan kemanusiaan dan kebangsaan, berwawasan lingkungan, dan mampu melakukan perubahan yang didasari oleh prinsip – prinsip Islam rahmatan lil’alamin.
  2. Menjadikan tamatan yang menguasai dasar-dasar ilmu pengetahuan keislaman, sains, teknologi, ilmu sosial, dan seni-budaya untuk meraih prestasi di tingkat nasional dan internasional.
  3. Membentuk tamatan yang mempunyai kemampuan berpikir kritis, kecakapan berkomunikasi, bekerja sama, kreativitas yang tinggi, dan jiwa kewirausahaan untuk menghadapi persaingan global.
  4. Meningkatkan kompetensi dan profesionalitas guru dan tenaga kependidikan melalui pengembangan keprofesian berkelanjutan. Biaya MAN Insan Cendekia
  5. Meningkatkan mutu dalam menjaga keseimbangan kualitas iptek dan imtak melalui penguatan program akademik dan keasramaan yang berkelanjutan.
  6. Membangun sistem manajemen yang profesional, tangguh, dan terukur sehingga mampu memberdayakan diri serta memanfaatkan peluang yang ada dalam menyusun program secara optimal.
  7. Menjadikan MAN Insan Cendekia Serpong sebagai pusat pengembangan madrasah unggul dan pembinaan sumber daya manusia dalam bidang pendidikan di Indonesia.

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) MAN Insan Cendekia diselenggarakan secara online/daring.  PPDB ini tidak dipungut biaya sama sekali. Bahkan jika peserta didik sudah diterima, siswa juga tidak dikenai biaya investasi atau biaya operasional apapun. Peserta didik hanya dikenakan biaya personal yang diperuntukkan keperluan siswa itu sendiri dari biaya asrama dan biaya makan. Besarnya biaya operasional disesuaikan dengan harga makan tiga kali sehari selama sebulan di daerah MAN Insan Cendekia itu berada. Biaya MAN Insan Cendekia

Menurut Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Nomor 3192 Tahun 2013 perihal Pedoman Penyelenggaraan Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia, dalam rangka memberi layanan pendidikan pada MAN Insan Cendekia Serpong yang berkeadilan, maka terhitung mulai tahun pelajaran 2015/2016 peserta didik baru MAN Insan Cendekia dikenakan biaya berupa:

  1. Biaya personal pendidikan berupa makan, dan baju seragam yang tidak dianggarkan dalam DIPA Madrasah dibebankan terhadap masing-masing orang tua/wali peserta didik baru MAN Insan Cendekia Serpong. Biaya Personal ini adalah sumbangan biaya dari dan untuk peserta didik yang bersangkutan yang dipakai untuk membiayai kepentingan peserta didik yang bersangkutan.
  2. Pengelolaan sumbangan biaya personal peserta didik sebagaimana dimaksud dalam poin 1 di atas dilakukan oleh Komite Madrasah sesuai ketetapan peraturan perundangan-perundangan yang berlaku. Besaran biaya personal tersebut menurut kesepakatan rapat komite madrasah yang melibatkan orang tua/wali siswa yang disesuaikan dengan keadaan daerah setempat kisaran 1.000.000 sampai 1.500.000.
  3. Peserta didik MAN Insan Cendekia Serpong yang berasal dari keluarga kurang mampu yang dibuktikan dengan kepemilikan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) atau kartu Program Keluarga Harapan (PKH) atau Kartu Indonesia Pintar (KIP) atau siswa miskin yang dibuktikan dengan Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) dari Kepala Desa/Lurah setempat bisa diberi keringanan biaya personal dengan mempertimbangkan ketersediaan anggaran yang tercantum dalam DIPA dan/atau sumber lain yang resmi.

Kehadiran MAN Insan Cendekia Serpong diharapkan mampu memadukan sains-teknologi yang bertumpu pada tiga peradaban, yakni peradaban teks dan kitab, peradaban ilmu dan peradaban filsafat. Dengan keterpaduan tersebut, diharapkan menjadi pelopor upaya menghilangkan dikotomi ilmu pengetahuan Islam di Indonesia. MAN Insan Cendekia Serpong menempatkan etika Islam yang bersumber pada nilai-nilai universal Al-Quran dan Al-Hadits untuk menjiwai seluruh bidang keilmuan yang diajarkan. Biaya MAN Insan Cendekia

Keterpaduan ketiga bidang peradaban ini diharapkan dapat melahirkan lulusan MAN Insan Cendekia Serpong yang kuat aqidah dan luas pengetahuan agamanya, dan dalam pemikirannya.

Target MAN Insan Cendekia

  1. Terciptanya kehidupan religius di lingkungan madrasah dengan bercirikan perilaku rajin beribadah, rajin belajar, berlapang dada, mandiri, sederhana, ukhuwah, dan kebebasan berkreasi.
  2. Diperolehnya prestasi akademik dan non akademik yang optimal oleh peserta didik MAN Insan Cendekia Serpong.
  3. Terbentuknya peserta didik yang mempunyai kemampuan berkomunikasi secara aktif mengaplikasikan bahasa Internasional.
  4. Diterimanya tamatam MAN Insan Cendekia Serpong di perguruan tinggi yang berkualitas baik di dalam negeri ataupun di luar negeri lebih dari 90% tiap tahun.
  5. Diperolehnya prestasi akademik yang baik bagi alumni MAN Insan Cendekia Serpong selama studi di perguruan tinggi.
  6. Terciptanya MAN Insan Cendekia Serpong yang ramah anak dan ramah lingkungan.
  7. Terciptanya MAN Insan Cendekia Serpong yang mempunyai budaya penguatan pendidikan karakter, moderasi beragama, dan pendidikan anti korupsi.

Profil Lulusan

Profil lulusan MAN Insan Cendekia Serpong yang dicita-citakan adalah lulusan Madrasah Aliyah yang :

  1. Beriman, bertaqwa, dan berakhlak mulia;
  2. Beriman, bertaqwa, dan berakhlak mulia;
  3. Menguasai dasar-dasar ilmu keislaman yang terpadu dengan sains dan teknologi, lingkungan dan masyarakat;
  4. Menguasai kitab kuning (al-kutub);
  5. Hafal Al-Quran minimal 5 Juz;
  6. Hafal Hadits, minimal 40 Hadits;
  7. Terampil berbahasa Indonesia, Arab dan Inggris;
  8. Terampil dalam penggunaan teknologi informasi dan komunikasi;
  9. Cakap, berfikir kritis, peduli, kreatif, dan inovatif;
  10. Memiliki jiwa kepemimpinan dan kewirausahaan yang kuat;
  11. Mampu mengembangkan kekayaan seni budaya dan kearifan lokal nusantara.

Kesiswaan MAN Insan Cendekia

Tujuan Umum

Pembinaan kesiswaan secara umum dilakukan dengan tujuan mendukung pencapaian tujuan pendidikan madrasah pada umumnya dan mendukung keberhasilan belajar siswa pada khususnya. Biaya MAN Insan Cendekia

Tujuan Khusus

  • Memantapkan kemampuan intelektual siswa dalam mendukung keberhasilan mengikuti program kurikulum,
  • Menumbuhkembangkan sikap kepemimpinan dan kemampuan berorganisasi siswa untuk membina kehidupan bersama guna meningkatkan ketahanan madrasah mencapai tujuan pendidikan,
  • Menumbuhkan sikap positif pada diri siswa untuk turut serta dalam kegiatan pendidikan dan pengajaran di lingkungan pendidikan guna meningkatkan pengamalan wawasan wiyata mandala yang sudah dimiliki siswa,
  • Memperluas wawasan keilmuan pada siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler,
  • Meningkatkan keterampilan berbahasa siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler,
  • Meningkatkan apresiasi seni dan budaya siswa melalui meningkatkan ekstrakurikuler,
  • Meningkatkan kesegaran jasmani dan rohani siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler,
  • Memperluas wawasan keagamaan, membina sikap beragama, serta meningkatkan keterampilan dakwah keagamaan melalui kegiatan ekstrakurikuler,
  • Membina kehidupan siswa di lingkungan pendidikan MAN Insan Cendekia Serpong.

Itulah informasi terkait pendaftaran dan Biaya MAN Insan Cendekia yang harus disiapkan. Semoga bermanfaat

Leave a Reply