Pendaftaran MAN IC

By September 5, 2022 MAN Insan Cendekia

Pendaftaran MAN IC

Pendaftaran MAN IC

 

 

Pendaftaran MAN IC – Kementerian Agama membuka Seleksi Nasional Peserta Didik Baru (SNPDB) Madrasah Aliyah Negeri (MAN) tahun pelajaran 2022/2023. Ada tiga pilihan pendaftaran, yaitu: MAN Insan Cendekia (IC), MAN Program Keagamaan (PK), dan Madrasah Aliyah Kejuruan Negeri (MAKN).

 

“Mulai hari ini dibuka Pendaftaran MAN IC, MAN Program Keagamaan, dan Madrasah Aliyah Kejuruan Negeri,” terang Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah M Isom Yusqi di Jakarta, Senin (10/1/2022).

“Pendaftaran MAN IC dilakukan secara daring atau online melalui https://snpdb-madrasah.kemenag.go.id,” sambungnya.

 

Menurut Isom, SNPDB akan dibuka dalam dua jalur, tes dan prestasi atau non tes dengan kuota terbatas. Pendaftaran jalur tes dibuka dari 10 Januari – 14 Februari 2022. Pendaftaran jalur prestasi dibuka dari 10 Januari – 7 Februari 2022.

 

MAN Insan Cendekia merupakan salah satu prototipe madrasah unggulan berbasis asrama di Indonesia. Pendirian MAN Insan Cendekia bertujuan mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas tinggi dalam bidang Keimanan dan Ketakwaan (IMTAK), menguasai Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK), mempunyai wawasan keislaman dan kebangsaan yang baik, serta mampu mengaktualisasikannya dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Di samping itu, keberadaan MAN Insan Cendekia ini diharapkan dapat berfungsi sebagai Magnet School, yaitu menjadi model dan inspirasi bagi madrasah-madrasah lain di sekitarnya.

 

“Saat ini terdapat 23 MAN Insan Cendekia di seluruh Indonesia. Dari 23 MAN IC, total daya tampung siswa yang bisa diterima berjumlah 2.460, putra dan putri,” terang Isom.

 

“Terbanyak MAN IC Gorontalo, menerima 144 siswa, disusul MAN IC Serpong yang akan menerima 140 siswa. 10 MAN IC menerima 120 siswa, yaitu: MAN IC Jambi, Aceh Timur, OKI Sumsel, Paser Kaltim, Padang Pariaman, Kota Batam, Bengkulu Tengah, Kota Kendari, Kota Palu, dan Sorong. Sebagian lainnya menerima 96 siswa, 80 siswa, dan 72 siswa,” sambungnya.

 

Dalam proses Pendaftaran MAN IC, setiap calon siswa hanya dapat memilih maksimal 2 lokasi MAN IC saja. Calon siswa diminta untuk cermat dalam menentukan pilihan, khususnya pada pilihan madrasah dengan persaingan ketat karena jumlah pendaftar yang sangat banyak. “Setiap calon siswa harus menentukan jurusan dari saat pendaftaran,” tegasnya.

 

MAN Program Keagamaan (MAN PK), lanjut Isom, merupakan salah satu program peminatan unggulan nasional dalam bidang keagamaan berbasis asrama yang menjadi bagian dari MAN Reguler yang sudah ada. MAN-PK pada MAN Reguler bertujuan merevitalisasi praktik baik penyelenggaraan Madrasah Aliyah Program Khusus (MAPK) yang pernah diprakarsai Menteri Agama Munawir Sjadzali pada akhir tahun 1987. Penekanan MAN PK pada kurikulum keagamaan yang padat serta penekanan pada penguasaan Bahasa Arab dan Inggris.

 

“Saat ini ada 10 MAN PK yang akan menerima 500 siswa. Rata-rata menerima 48 siswa, kecuali MAN 1 Surakarta menerima 68 siswa,” tutur Isom.

 

“Untuk siswa baru MAN PK akan mendapat beasiswa sampai lulus, sehingga orang tua tidak lagi memikirkan biaya hidup di asrama,” lanjutnya.

 

Selain tes umum, akademik dan potensi akademik, setiap calon siswa MAN PK juga harus mengikuti tes wawancara, baca kitab kuning, dan tes lisan bahasa Arab-Inggris. “Setiap calon peserta hanya dapat memilih satu pilihan MAN PK,” tegasnya.

 

Sementara Madrasah Aliyah Kejuruan Negeri (MAKN) adalah MAN yang menyelenggarakan pendidikan kejuruan dengan kekhasan agama Islam. Tahun 2017, Kementerian Agama membangun piloting MA Kejuruan Negeri di 2 (dua) lokasi, yaitu: Ende (NTT) dan Bolaang Mongondow (Sulut).

 

“Masing-masing MAKN akan menerima 96 siswa, sehingga totalnya ada 192 kuota,” jelas Isom.

 

Isom berharap, peserta SNPDB MANIC-MANPK-MAKN terus mengalami kenaikan. Tahun pelajaran 2018/2019, SNPDB diikuti 13.419 peserta. Selang satu tahun, pendaftar naik menjadi 13.976. Lonjakan pendaftar terjadi pada tahun pelajaran 2020/2021, mencapai 17.344 calon siswa. SNPDB tahun pelajaran 2021/2022 diikuti 17.422 peserta.

 

Untuk tahun ajaran 2021/2022, Isom berharap SNPDB MANIC-MANPK-MAKN dapat menjaring peserta didik yang berpotensi. Hal ini dapat dilihat dari beberapa indikator tes bakat skolastik peserta didik berupa: kemampuan verbal, kemampuan kuantitatif/numerik, kemampuan logika/penalaran, dan kepribadian. Selain itu, akan dilakukan tes akademik yang meliputi bidang studi: Matematika, IPA (Fisika dan Biologi), Bahasa Inggris, Pendidikan Agama Islam, dan Bahasa Arab.            Pendaftaran MAN IC

Tujuan SNPDB MAN IC MANPK MAKN

Adapun tujuannya:

  • Memberikan kesempatan kepada lulusan terbaik MTs/SMP negeri dan swasta untuk mendapatkan pendidikan yangbermutu di MAN Insan Cendekia, MAN Progam Keagamaan, dan MAN Kejuruan.
  • Memberikan peluang kepada MAN Insan Cendekia, MAN Progam Keagamaan, dan MAN Kejuruan untuk menjaring calon peserta didik baru yang memiliki potensi kecerdasan yang tinggi dan berkualitas di bidang akademik, keimanan, dan ketakwaan serta mempunyai wawasan bangsaan yang tinggi

Jalur Seleksi Pendaftaran MAN IC

Jalur Seleksi Pendaftaran MAN IC Jalur Tes, yaitu seleksi melalui tes berbasis CBT yang diselenggarakan bagi peserta didik terbaik lulusan MTs/SMP negeri dan swasta yang memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan.

  • Jalur Prestasi, yaitu seleksi melalui non-tes paling banyak 10% yang diselenggarakan bagi siswa terbaik lulusan MTs/SMP yang memiliki prestasi peraih medali emas/juara 1 di bidang sains pada ajang Olimpiade Sains Nasional (OSN), Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tingkat Nasional, OPSI (Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia) tingkat Nasional, MYRES tingkat nasional, Lomba Penelitian/Karya Ilmiah yang diselenggarakan oleh Pemerintah (Kementerian Agama, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, LIPI, dan Kementerian Ristek Dikti) serta penghargaan dari luar negeri yang merupakan lanjutan dari OSN seperti IMO, IBO, IPhO, IChO, IOI, IGeO, IESO, IAO, IOAA, IEO, IEYI, dan ASPC baik mendapatkan emas, perak, perunggu.

 

Persyaratan Masuk MAN Insan Cendekia Serpong TA 2022/2023

Persyaratan Pendaftaran MAN IC :

  • Tercatat sebagai peserta didik kelas IX MTs/SMP pada tahun pelajaran 2021/2022.
  • Berusia maksimal 17 tahun pada 1 Juli 2022.
  • Mendapatkan rekomendasi sebagai siswa terbaik/berprestasi dari Kepala Madrasah/Sekolah asal sesuai dengan kuota pendaftar per madrasah/sekolah yang ditetapkan.
  • Mendapatkan surat keterangan/ rekomendasi dari Kepala Madrasah/Sekolah asal sebagai siswa berprestasi tingkat Nasional (OSN, KSM Nasional, OPSI, MYRES) serta penghargaan dari luar negeri yang merupakan lanjutan dari OSN seperti IMO, IBO, IPhO, IChO, IOI, IGeO, IESO, IAO, IOAA, IEO, IEYI, dan ASPC, baik mendapatkan emas, perak, perunggu.
  • Memiliki NISN yang terdaftar pada EMIS (bagi MTs) atau DAPODIK (bagi SMP).
  • Mengunggah (upload berkas persyaratan berupa pas foto berwarna terbaru ukuran 3 x 4 cm (max 300 KB), fotokopi rapor yang telah dilegalisasi (semester 3, 4, dan 5), fotokopi sah Akta Kelahiran/Kenal Lahir, dan fotokopi Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) atau kartu Program Keluarga Harapan (PKH) atau Kartu Indonesia Pintar (KIP) bagi pendaftar yang mengajukan keringanan biaya personal pendidikan.
  • Mekanisme Pendaftaran MAN Insan Cendekia Serpong
  • Untuk dapat mendaftar dan mengikuti proses SNPDB di MAN Insan Cendekia, terlebih dahulu Anda harus membuat akun yang akan digunakan selama proses SNPDB berlangsung, mulai dari pendaftaran hingga hasil kelulusan.
  • Jika Anda belum pernah membuat akun SNPDB MAN Insan Cendekia, silakan klik Daftar yang berada di sebelah kiri layar.
  • Setelah membuat akun, silahkan klik menu Login yang berada di sebelah kiri.
  • Mohon untuk mencatat email dan password yang Anda masukkan ketika membuat akun.
  • Setelah Anda melakukan login, Anda akan di arahkan ke Dashboard Pendaftaran Online.
  • Silakan melengkapi data diri Anda dan melengkapi persyaratan guna di verifikasi oleh panitia.

Pengumuman hasil seleksi akan diinformasikan melalui Dashboard Pendaftaran Online dengan akun yang telah Anda buat.

 

Syarat Pendaftaran MAN IC

 

Syarat pendaftaran adalah sebagai berikut:

  • Murid kelas VIII dan IX SMP/MTs negeri maupun swasta
  • Berusia maksimal 17 tahun
  • Mengisi formulir pendaftaran
  • Formulir bisa diambil di kampus SMA Insan Cendekia atau download di Form SMA
  • Menyerahkan foto copy rapor yang dilegalisir dari sekolah asal. Rapor kelas VIII
  • Menyerahkan foto copy akte kelahiran
  • Menyerahkan pas foto warna ukuran 3×4 sebanyak 3 lembar dengan background (SMA Biru)
  • Membayar Biaya Pendaftaran Rp.350.000

 

Waktu & Mekanisme Pendaftaran MAN IC

 

Waktu Pendaftaran mulai Agustus 2024 sampai kuota telah terpenuhi (Kuota Tinggal Terbatas)

 

Tempat Pendaftaran MAN IC

Pendaftaran secara langsung bisa dilayani di sekretariat Panitia Penerimaan Murid Baru (PMB), kampus SMA Insan Cendekia Boarding School Sukoharjo, Jl. Ovensari, Kadilangu, Baki, Sukoharjo, Jawa Tengah 57556. Telp (0271) 6727301, 6727303

 

Waktu dan Pelaksanaan Test Pendaftaran MAN IC

Pelaksaan Tes:  One Day Service

Waktu tes: 3 Jam

Pendaftaran sewaktu-waktu bisa ditutup apabila kuota sudah terpenuhi.

 

Daftar Ulang

 

Peserta TSM yang dinyatakan lolos wajib melaksanakan proses Daftar Ulang (DU). Daftar ulang bisa dilakukan di sekretariat Panitia PMB, kampus SMA Insan Cendekia Boarding School Sukoharjo, Jl. Ovensari, Kadilangu, Baki, Sukoharjo, Jawa Tengah 57556. Dilayani pada setiap jam kerja, Senin-Jumat pukul 08.00-14.30 WIB dan hari Sabtu pukul 08.00-12.30 WIB.              Pendaftaran MAN IC

 

Biaya Daftar Ulang Pendaftaran MAN IC

Komponen Biaya

DSP: 13.600.000

SPP/Syahriyyah: 2.600.000

Buku dan kegiatan: 3.600.000

Seragam: 1.100.000

Total: 20.900.000

 

Pengolahan Hasil Tes Pendaftaran MAN IC

 

  1. Kriteria Kelulusan Pendaftaran MAN IC

 

Peserta tes dinyatakan lulus apabila:

  • memiliki skor Tes Potensi Belajar tidak kurang dari batas minimal yang telah ditetapkan;
  • memiliki skor tes akademik masih berada pada batas nilai passing grade yang ditetapkan;
  • Memiliki skor hasil wawancara berada pada batas nilai yang ditetapkan yang hasilnya digabungkan dengan nilai akademik (Khusus MANPK)
  • Kelulusan SNPDB wajib memperhatikan pembobotan dengan mempertimbangkan aspek :
  • Hasil tes potensi belajar
  • Hasil tes akademik
  • Wawancara (Khusus MAPK)
  • Asal calon siswa (MTs dan SMP)
  1. Penentuan Kelulusan Pendaftaran MAN IC

 

Penentuan kelulusan peserta didik baru MAN Insan Cendekia ditetapkan oleh Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI

 

  1. Pengumuman Kelulusan Pendaftaran MAN IC

Pengumuman kelulusan disampaikan melalui website Kementerian Agama yaitu: https://snpdb-madrasah.kemenag.go.id.

 

  1. Syarat Daftar Ulang Kelulusan Pendaftaran MAN IC

Peserta tes yang telah dinyatakan lulus, harus melakukan daftar ulang dengan melampirkan:

 

  • surat keterangan lulus tes SNPDB yang dicetak dari akun masing-masing;
  • surat keterangan lulus dari satuan pendidikan MTs/SMP;

Pendaftaran MAN IC tambahan mengikuti ketentuan madrasah masing-masing.

Mekanisme Penetapan Kelulusan Peserta Didik Jalur Prestasi

Berkas usulan calon peserta didik jalur prestasi diverifikasi oleh Kepala Madrasah/tim yang ditunjuk masing-masing madrasah, Kepala Madrasah mengusulkan hasil verifikasi dan validasi peserta didik jalur prestasi setelah melalui telah sesuai kebutuhan masing-masing madrasah kepada Direktur Jenderal Pendidikan Islam, Penetapan kelulusan peserta didik jalur prestasi dilakukan oleh Direktur Jenderal Pendidikan Islam.

Leave a Reply