Contoh Soal seleksi MAN IC

By September 6, 2022 MAN Insan Cendekia
Contoh Soal seleksi MAN IC

Contoh Soal seleksi MAN IC

 

 

LATAR BELAKANG

 

Contoh Soal seleksi MAN IC – Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia Pekalongan merupakan salah satu prototipe madrasah unggulan berbasis asrama di Indonesia. Pendirian MAN Insan Cendekia ini bertujuan untuk mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas tinggi dalam bidang Keimanan dan Ketakwaan (IMTAK), menguasai Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK), mempunyai wawasan keislaman dan kebangsaan yang baik, serta mampu mengaktualisasikannya dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Di samping itu, keberadaan MAN Insan Cendekia ini diharapkan dapat berfungsi sebagai Magnet School, yaitu menjadi model dan inspirasi bagi madrasah-madrasah lain di sekitarnya.

 

SNPDB MAN IC ini merupakan salah satu instrumen untuk menjaring calon peserta didik yang potensial ditinjau dari sisi akademik, keagamaan, kepribadian, dan kesehatan, sehingga diharapkan dapat mengikuti pendidikan secara optimal di madrasah dengan sistem berasrama. Di samping itu, SNPDB MAN IC Tahun Pelajaran 2022/2023 diharapkan dapat menjaring peserta didik yang berpotensi, yang dapat dilihat dari beberapa indikator tes bakat skolastik peserta didik berupa: kemampuan verbal, kemampuan kuantitatif /numerik, kemampuan logika /penalaran, dan kepribadian, serta tes akademik yang meliputi bidang studi: Matematika, IPA, IPS, bahasa inggris, bahasa arab, dan PAI.

 

Visi

Terwujudnya sumber daya manusia yang berkualitas tinggi dalam keimanan dan ketaqwaan, menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, dan mampu mengaktualisasikannya dalam masyarakat.

 

Misi

  • Menyiapkan calon pemimpin masa depan yang menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, mempunyai daya juang tinggi, kreatif, inovatif, proaktif dan mempunyai landasan iman dan taqwa yang kuat.
  • Menumbuhkembangkan niat, bakat, dan potensi peserta didik untuk meraih prestasi pada tingkat nasional maupun internasional.
  • Meningkatkan pengetahuan dan kemampuan professional pendidik dan tenaga kependidikan sesuai perkembangan dunia pendidikan.
  • Menjadikan MAN Insan Cendekia sebagai lembaga pendidikan yang mempunyai tata kelola yang baik dan mandiri.
  • Menjadikan MAN Insan Cendekia sebagai model dalam dalam pengembangan pembelajaran IPTEK dan IMTAK bagi lembaga pendidikan lainnya.

 

Tujuan

  • Menghasilkan lulusan yang berkarakter Islami, berwawasan ke-Indonesia-an, kebangsaan, internasional dan kemanusiaan.
  • Menghasilkan lulusan yang menguasai dasar-dasar ilmu pengetahuan keIslaman, sains, teknologi, ilmu sosial, dan seni-budaya untuk meraih prestasi baik di tingkat nasional maupun internasional.
  • Membentuk lulusan yang berkarakter dan mampu melakukan perubahan yang didasari oleh prinsip-prinsip Islam Rahmatan Lil’alamin.

Target

  • Diperolehnya prestasi akademik dan non akademik yang optimal oleh peserta didik MAN Insan Cendekia Pekalongan.
  • Diterimanya lulusan MAN Insan Cendekia Pekalongan di perguruan tinggi yang berkualitas baik di dalam negeri maupun di luar negeri lebih dari 90%.
  • Diperolehnya prestasi akademik yang baik bagi alumni MAN Insan Cendekia Pekalongan selama studi di perguruan tinggi.
  • Terciptanya kehidupan religius dilingkungan madrasah dengan bercirikan perilaku rajin beribadah, rajin belajar, ikhlas, mandiri, sederhana, ukhuwah, dan kebebasan berkreasi.
  • Siswa Mampu menghafal Al-Qur’an minimal 5 Juz
  • Siswa mampu menghafal dan memahami, minimal 40 hadits

Kehadiran MAN Insan Cendekia diharapkan mampu memadukan sains-teknologi yang bertumpu pada tiga peradaban, yaitu peradaban teks dan kitab, peradaban ilmu, dan peradaban filsafat. Dengan keterpaduan tersebut, MAN Insan Cendekia diharapkan menjadi pelopor upaya menghilangkan dikotomi ilmu pengetahuan Islam di Indonesia. MAN Insan Cendekia menempatkan etika Islam yang bersumber pada nilai-nilai universal Al-Quran dan Al-Hadits untuk menjiwai seluruh bidang keilmuan yang diajarkan.          Contoh Soal seleksi MAN IC

 

Keterpaduan ketiga bidang peradaban ini diharapkan dapat melahirkan lulusan MAN Insan Cendekia yang kuat aqidah dan luas pengetahuan agamanya, dan dalam pemikirannya.

Jalur Seleksi Pendaftaran MAN Insan Cendekia Serpong

  • Jalur Tes

yaitu seleksi melalui tes berbasis CBT yang diselenggarakan bagi peserta didik terbaik lulusan MTs/SMP negeri dan swasta yang memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan.            Contoh Soal seleksi MAN IC

  • Jalur Prestasi

yaitu seleksi melalui non-tes paling banyak 10% yang diselenggarakan bagi siswa terbaik lulusan MTs/SMP yang memiliki prestasi peraih medali emas/juara 1 di bidang sains pada ajang Olimpiade Sains Nasional (OSN), Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tingkat Nasional, OPSI (Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia) tingkat Nasional, MYRES tingkat nasional, Lomba Penelitian/Karya Ilmiah yang diselenggarakan oleh Pemerintah (Kementerian Agama, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, LIPI, dan Kementerian Ristek Dikti) serta penghargaan dari luar negeri yang merupakan lanjutan dari OSN seperti IMO, IBO, IPhO, IChO, IOI, IGeO, IESO, IAO, IOAA, IEO, IEYI, dan ASPC baik mendapatkan emas, perak, perunggu.

Persyaratan Masuk MAN Insan Cendekia Serpong TA 2022/2023:

  • Tercatat sebagai peserta didik kelas IX MTs/SMP pada tahun pelajaran 2021/2022.
  • Berusia maksimal 17 tahun pada 1 Juli 2022.        Contoh Soal seleksi MAN IC
  • Mendapatkan rekomendasi sebagai siswa terbaik/berprestasi dari Kepala Madrasah/Sekolah asal sesuai dengan kuota pendaftar per madrasah/sekolah yang ditetapkan.
  • Mendapatkan surat keterangan/ rekomendasi dari Kepala Madrasah/Sekolah asal sebagai siswa berprestasi tingkat Nasional (OSN, KSM Nasional, OPSI, MYRES) serta penghargaan dari luar negeri yang merupakan lanjutan dari OSN seperti IMO, IBO, IPhO, IChO, IOI, IGeO, IESO, IAO, IOAA, IEO, IEYI, dan ASPC, baik mendapatkan emas, perak, perunggu.
  • Memiliki NISN yang terdaftar pada EMIS (bagi MTs) atau DAPODIK (bagi SMP).
  • Mengunggah (upload berkas persyaratan berupa pas foto berwarna terbaru ukuran 3 x 4 cm (max 300 KB), fotokopi rapor yang telah dilegalisasi (semester 3, 4, dan 5), fotokopi sah Akta Kelahiran/Kenal Lahir, dan fotokopi Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) atau kartu Program Keluarga Harapan (PKH) atau Kartu Indonesia Pintar (KIP) bagi pendaftar yang mengajukan keringanan biaya personal pendidikan.

Contoh Soal seleksi MAN IC

Contoh Soal seleksi MAN IC

 

Contoh Soal seleksi MAN IC (Keagamaan Fiqih)

  1. Rayhan tampak gembira setelah mempunyai seorang adik perempuan. Ketika menggendongnya, tiba-tiba adiknya pipis dan membahasi badan Rayhan. Pada waktu akan sholat, Rayhan harus mensucikan badannya yang terkena pipis dengan cara…

a. Menyiram tubuhnya dengan air sebanyak tujuh kali

b. Mernyiram air hingga bersih dan hilang bekasnya

c. Hanya cukup membasahi tubuhnya dengan air

d. Cukup mengeringkan tubuhnya yang terkena najis

 

  1. Rizal dan teman-teman melakukan pendakian gunung. Dalam perjalanan yang ditempuh kurang lebih 4jam, dia mengambil inisiatif untuk memastikan waktu sholat dengan cara berdiri di atas batu, kemudian memperhatikan bayngan badannya. saat itu, bayangna menunjukan ke arah barat yang panjangnya sama dengan Rizal. dalam kondisi tersebut, Rizal dan teman-teman wajib melakukan sholat…

a. Ashar

b. Zuhur

c. Subuh

d. Maghrib

 

  1. Amir melakukan perjalanan dari Jakarta ke Ponorogo, Pada saat sholat dzuhur, dia melaksanakan dua rakaat, kemudian dilanjutkan sholat ashar dua rakaat. Cara Sholat yang dilakukan oleh Amir adalah sholat Jama…

a. Qashar takdim

b. Qashar takhir

c. Takdim

d. Takhir

 

  1. Ibu mazaya di akhir tahun 2018 memiliki harta simpanan berupa emas seberat 120gram. Jika harga emas 550.000/gram pada akhir tahun 2019, maka besar zakat yang harus dibayarkan adalah…

a. Rp. 1.450.000

b. Rp. 1.350.000

c. Rp. 1.250.000

d. Rp. 1.650.000

  1. Orang yang menyembelih hendaknya memenuhi beberapa syarat, sehingga binatang yang di sembelih menjadi halal, Syarat yang harus dipenuhi oleh penyembelih adalah…

a. Islam,baligh,berakal,mumayyiz,laki-laki,suci darihadas dan najis

b. Islam,baligh,berakal,laki-laki,mampu melakukan penyembelihan

c. Islam,baligh,berakal,laki-laki,suci dari hadas dan najis

d. Islam,baligh,berakal,laki-laki,tidak menyia-nyiakan sholat

 

  1. Sebuah koperasi berlandaskan islam meminjamkan mesin pencuci motor kepada Pak Rahmat. Mesin tersebut akan digunakan untuk mendirikan usaha. Keuntungan usaha dibagi dua berdasarkan kesepakatan. Bentuk kerja sama ini merupakan contoh…            Contoh Soal seleksi MAN IC

a. Ariyah

b. Qirad

c. Al- Ajru

c. bai’u

 

Contoh Soal seleksi MAN IC (IPA Biologi-Fisika)

 

7. Dua tindakan yang dapat memperbesar medan magnet pada electromagnet adalah…

a. Memperbesar diameter kumparan dan memperbesar tegangan listrik

b. Memperbanyak lilitan dan menambah baterai secara paralel

c. mempebesar arus listrik dan mengurangi jumlah lilitan

d. memperbanyak lilitan dan menambah baterai secara seri

 

  1. Salah satu rotasi bumi adalah…

a. Gerak semu tahunan matahari dari utara ke selatan

b. Perbedaan lamanya malam dengan siang

c. Terjadinya siang dan malam

Terjadinya perubahan musim

 

  1. Urutan pembuatan gula dari tebu haasil penggilingan batang tebu adalah…

Pengendapan>penguapan>kristalisasi

Fitlrasi>pengendapan>kristalisasi

Pengendapan>filtrasi>evaporasi

Filtrasi>peguapan>kristalisasi

 

  1. Urutan cara pembuatan air bersihyang berasal dari air laut adalah…

a. Penguapan>kristalisasi

b. Evaporasi>kondensasi

c. Filtrasi>kristalisasi

d. Evaporasi>destilasi

 

  1. Jaringan pada hewan yang tersusun atas: matriks, fibroblas, rnkrofag, sel lemak, dan sel plasma adalah…

a. Epitel

b. Ikat

c. Lemak

d. Syaraf

 

  1. Interaksi antara rumput alang-alang dengan tanaman kacang tanah merupakan simbiosis…

a. Parasitisme

b. Komensalisme

c. Mutualisme

d. Aleopati

 

  1. Salah satu penerapan bioteknologi dalam bidang kesehatan dengan tujuan untuk menyembuhkan penyait diabetes adalah…

a. Antibody monoclonal

b. Pembentukan interferon

c. Pembuatan vaksin

d. Pembuatan hormon insulin

 

  1. Buah kelapa bermassa 2kg jatuh dari ketinggian 16m dari tanah. Jika percepatan gravitasi 10 m/s2, energi kinetik buah kelapa pada saat menyentuh tanah…

a. 32J

b. 160J

c. 320J

d. 480J

 

  1. Batu bermassa 4kg jatuh dari ketinggian 15m dari tanah. Jika percepatan gravitasi 10 m/s2, energi kinetik batu pada saat sampai ditanah…

a. 60J

b. 150J

c. 400J

d. 600J

Leave a Reply