Contoh Soal Masuk MAN IC 2023 Terupdate

By May 8, 2023 Uncategorized
contoh soal masuk MAN IC 2023 Terupdate

Contoh Soal Masuk MAN IC 2023 Terupdate

 

Contoh soal masuk MAN IC 2023 Terupdate – Sebagaimana diketahui, MAN Insan Cendikia saat ini menjadi salah satu sekolah favorit banyak siswa. MAN Insan Cendikia tersebar di berbagai daerah, salah satu yang menjadi favorit adalah MAN Insan Cendekia Batam, yang terletak di Nongsa. Pada umumnya, MAN Insan Cendekia di seluruh Indonesia memiliki jalur yang sama dalam SNPDB, yakni ada tiga jalur.

pertama yakni, Jalur Tes yaitu seleksi melalui jalur kes berbasis CBT yang diselenggarakan bagi peserta didik terbaik lulusan MTs/SMP negeri dan swasta yang memenuhi persyaratan yang telafi ditetapkan dengan belajar contoh soal masuk MAN IC 2023 terupdate.

Kedua, Jalur Prestasi, yaitu seleksi melalui jalur non-tes paling banyak 10% yang diselenggarakan bagi siswa terbaik lulusan MTs/SMP yang memiliki prestasi nasional peraih medali emas, perak, perunggu/juara 1, 2, 3 di bidang sains.

Ketiga yakni Jalur Siswa Internasional, yaitu seleksi melalui jalur portofolio dan tes wawancara paling banyak 3% diselenggarakan bagi siswa terbaik lulusan Sekolah Indonesia Luar Negeri (SILN), Sekolah Kedutaan Luar Negeri di Indonesia, atau Sekolah setingkat MTs di luar negeri. Siswa Internasional akan diterima di MAN-IC Serpong, MAN-IC Jambi dan MAN-IC Gorontalo dan MAN-IC Padang Pariaman.

Syarat Pendaftaran Tes Masuk MAN Insan Cendekia

Sebelum membahas apa saja syarat pendaftaran MAN Insan Cendekia, kamu perlu tahu bahwa ada kriteria bagi madrasah atau sekolah yang boleh mengikuti Seleksi Nasional Peserta Didik Baru (SNPDB) MAN Insan Cendekia. Kriterianya yaitu sebagai berikut.

  • Madrasah/sekolah memiliki Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN).
  • Madrasah terdaftar di EMIS dan sekolah terdaftar di Dapodik.contoh soal masuk MAN IC 2023 Terupdate
  • Madrasah/sekolah memiliki sertifikat Akreditasi dari BAN-S/M atau Surat Izin Operasional.

Selanjutnya adalah syarat pendaftaran yang harus disiapkan oleh calon siswa MAN Insan Cendekia. Perlu diketahui bahwa syarat yang harus dipenuhi tergantung dari jalur seleksi yang akan diikuti. Berikut adalah syarat pendaftaran untuk calon siswa MAN Insan Cendekia tahun ajaran 2023/2024.

  • Terdaftar sebagai siswa kelas IX MTs/SMP pada tahun ajaran 2022/2023.
  • Berusia maksimal 17 tahun pada Juli 2023.
  • Memiliki NISN yang terdaftar pada EMIS (bagi siswa MTs) atau Dapodik (bagi siswa SMP).
  • Mendapatkan surat rekomendasi sebagai siswa terbaik dari Kepala Sekolah/Madrasah asal sesuai dengan kuota pendaftar yang ditetapkan (khusus pendaftar jalur tes).
  • Mendapatkan surat rekomendasi dari Kepala Sekolah/Madrasah asal sebagai siswa berprestasi tingkat nasional (OSN, KSM Nasional, OPSI, MYRES) dan penghargaan dari luar negeri (khusus pendaftar jalur prestasi).
  • Mengunggah berkas-berkas syarat pendaftaran, yaitu sebagai berikut:
  • Pas foto terbaru ukuran 3×4 (maksimal 300KB).
  • Fotocopy Akte Kelahiran/Kenal Lahir.
  • Fotocopy Kartu Keluarga Sejahtera (KKS)/Kartu Program Keluarga Harapan (PKH)/Kartu Indonesia Pintar (KIP)/Surat Keterangan Tidak Mampu dari Kepala Desa/Kelurahan (khusus pendaftar yang mengajukan keringanan biaya operasional pendidikan).
  • Fotocopy rapor tingkat MTs/SMP sederajat (khusus jalur siswa internasional).
  • Passport/ID Card (khusus jalur siswa internasional).
  • Portofolio (khusus jalur siswa internasional).
  • Motivation Letter (khusus jalur siswa internasional).

Contoh Soal Masuk Man IC 2023 Terupdate

Rangkaian penerimaan siswa baru di MAN IC Tahun Ajaran 2023/2024 saat ini sudah sampai di tahap tes CBT. Menurut jadwal, tes CBT SNPDB MAN IC 2023 dilaksanakan pada tanggal 25-26 Februari 2023. Tentu, bagi peserta tes contoh soal masuk MAN IC 2023 Terupdate mesti berlatih dan belajar contoh soal masuk MAN IC 2023 Terupdate untuk persiapan tes CBT tersebut.

Contoh soal masuk MAN IC 2023 Terupdate biasanya dicari oleh siswa dan siswi SMP menjelang kelulusan sekolah. Saat duduk di bangku kelas sembilan, para murid harus bersiap untuk melaksanakan Asesmen Kompetensi Minimum dan Survei karakter contoh soal masuk MAN IC 2023 Terupdate.

Namun tak hanya itu yang perlu dipersiapkan. Bagi siswa dan siswi yang ingin melanjutkan pendidikan ke Madrasah Aliyah Negeri, terdapat beberapa hal yang harus dipersiapkan. Salah satunya adalah mempersiapkan contoh soal masuk MAN IC 2023 Terupdate.

Hal yang dapat dilakukan sebelum mengikuti ujian masuk Madrasah Aliyah Negeri (MAN) adalah dengan belajar contoh soal masuk MAN IC 2023 Terupdate. Terdapat banyak metode belajar yang dapat digunakan seperti mengerjakan contoh soal masuk MAN IC 2023 Terupdate. Dengan banyak mengerjakan contoh soal masuk MAN IC 2023 Terupdate, maka kamu akan memiliki gambaran sehingga bisa mengerjakan contoh soal masuk MAN IC 2023 Terupdate dengan baik. Berikut ini adalah kumpulan contoh soal masuk MAN IC 2023 Terupdate yang bisa kamu pelajari sebagai persiapan tes CBT SNPDB MAN IC 2023/2024:

Berbagai contoh soal masuk MAN IC 2023 Terupdate :

  1. Lapangan untuk latihan berkuda berbentuk lingkaran dengan luas 15.400 m dan sekelilingnya akan diberi patok kayu. Jika jarak antara 2 patok kayu adalah 0,4 m maka banyaknya patok kayu yang dibutuhkan adalah…

(A) 1109

(B) 1101

(C) 1100

(D) 1099

 

  1. Ahmad menyetir mobil dari kantor ke rumah ibunya selama 3 jam dengan kecepatan konstan. Setelah menempuh ⁄ perjalanan, di depan POM bensin Mubarok mobilnya mengalami gangguan mesin sehingga kecepatan mobilnya berkurang sebesar 20 km/jam. Jika total waktu tempuh sampai ke rumah ibunya adalah 276 menit maka dua pernyataan berikut yang benar adalah…

(A) Waktu tempuh mobil Ahmad dari POM bensin Mubarok ke rumah ibunya adalah 216 menit.

(B) Waktu tempuh mobil Ahmad dari POM bensin Mubarok ke rumah ibunya adalah 186 menit.

(C) Waktu tempuh mobil Ahmad dari kantornya ke POM bensin Mubarok adalah 1 jam.

(D) Waktu tempuh mobil Ahmad dari kantornya ke POM bensin Mubarok adalah 1,5 jam.

 

  1. Di MTs Insan, terdapat 3 kelas VII yang masing-masing terdiri dari 20 siswa. Berdasarkan hasil survey, siswa perempuan yang menyukai ekstrakurikuler panahan atau berkuda sebanyak 20 orang dan siswa laki-laki yang menyukai ekstrakurikuler panahan atau berkuda sebanyak 25 orang. Jika banyak siswa laki-laki yang tidak menyukai ekstrakurikuler panahan dan tidak menyukai ekstrakurikuler berkuda adalah 4 orang maka banyak siswa perempuan yang tidak menyukai ekstrakurikuler panahan dan tidak menyukai ekstrakurikuler berkuda adalah … orang

(A) 8

(B) 9

(C) 10

(D) 11

 

  1. Berdasarkan hasil penelitian pada suatu jenis tanaman, hubungan antara tinggi tanaman (h) dalam cm setelah t pekan dapat dinyatakan oleh fungsi berikut:

h(t) = 6,25t + 3,125 untuk 0 ≤ t ≤ 100 pekan.

Pertambahan rata-rata tinggi tanaman tersebut pada kurun waktu 81,13 pekan sampai dengan 83,21 pekan adalah … cm/pekan.

(A) 3,125

(B) 2,08

(C) 6,25

(D) 9,375

 

  1. Fajar: Hey, look at this! Isn’t it the picture of the protocol for protecting ourselves in the public and workplace against the COVID-19? Who has put it, here? It is so clear as it can be found everywhere.

Gifar: Yes. But I think, there should be some additional instructions there regarding how to clean personal workspace items that are frequently touched, such as our desk, computer mouse, and keyboard, with cleaning spray or wipes.

Fajar: You bet! Those are simple everyday practices at the workplace and school that should be written everywhere to remind public to protect against bacteria and viruses:

Gifar: You have a point there. I think everybody should accept this new way of life to be more careful and obedient to follow the protocol.

– What can you imply from the dialog?

  1. Gifar’s argument restates what Fajar has mentioned.
  2. Gifar shows his doubtful argument to minimize the Covid-19 infection.
  3. Gifar has no doubt about Fajar’s opinion on protecting against bacteria and viruses.
  4. Fajar and Gifar’s arguments seem contradictory regarding the Covid-19 protecting guidelines.

 

Read the text carefully.

Leonardo da Vinci was an Italian polymath born in 15 April 1452 and died 2 May 1519. He was famous for his interest on areas of architecture, sculpting, music, science, engineering, mathematics, anatomy, literature and many more. He is called as the father of iconology, architecture and paleontology. Some aeronautic experts said that Leonardo was the man who firstly put the foundation of helicopter, parachute and tank.

Leonardo da Vinci is a great painter and had Mona Lisa as the most popular portrait and maybe the most expensive art collection in the world. Besides creating portrait and inventing many things, Leonardo also created religious painting, the most famous is of course The Last Supper. There are no such genius artists in the world who can replace Leonardo da Vinci (www.getenglishnow.org).

  1. From the above text, we could conclude that the writer….

A. would inform the reader that Leonardo da Vinci is the most popular designer.

B. tells us about how Leonardo da Vinci created helicopter, parachute, and tank.

C. would inform the reader that Leonardo da Vinci is the best artist in the world ever.

D. tells us that Leonardo da Vinci spent much of his life time for painting and art work.

 

  1. Which one of the following sentences shows the right action that the customers should do?

A. Go to the entrance gate for their car.

B. Park their cars at the right parking area

C. Leave their cars on the side of the street.

D. Move the parking between the grocery and the cinema.

 

  1. Dita menabung dibank sebesar Rp.20.000.000,00 selama 3 bulan uannya menjadi Rp.20.600.000,00. Besar suku bunga per tahun yang ditetapkan adalah…

A. 9%

B. 10%

C. 12%

D. 15%

 

  1. Jumlah bilangan kelipatan 12 antara 100 dan 300 adalah…

A. 3.069

B. 3.169

C. 3.906

D. 4.782

 

  1. Suku ke-80 barisan bilangn 15,24,35,48,…adalah…

A. 5.888

B. 6.444

C. 6.888

D. 7. 686

 

  1. Diketahui f(x)=(3x -2) (x + 1), nilai f(-2) adalah…

A. -8

B. -4

C. 4

D. 8

 

  1. Dalam percobaan melempar dadu, peluang muncul mata dadu lebih dari 4 adalah..

A. 1/4

B. ½

C. 1/3

D. 2/3

 

  1. Berikut ini adalah karakteristik salah satu jaringan pada hewan:
  • Berbentuk silindris memanjang.
  • Intinya banyak dan terletak di permukaan.
  • Memiliki struktur gelap terang yang teratur.
  • Fungsi jaringan tersebut adalah….
  1. mengatur gerak peristaltik lambung
  2. menyimpan cadangan makanan
  3. kontraksi ritmis pada jantung
  4. menggerakkan tulang
  5. Pegas A bergetar dengan frekuensi 5 Hz dan pegas B bergetar dengan periode 0,1 detik dan mulai bergetar bersamaan. Jika pegas A telah bergetar sebanyak 24 getaran, maka jumlah getaran yang dilakukan pegas B adalah ….

A. 60 getaran

B. 48 getaran

C. 24 getaran

D. 12 getaran

 

  1. Detergen dikenal sebagai salah satu produk pembersih pakaian yang efektif sehingga banyak digunakan. Karena penggunaannya yang berlebihan, detergen memberikan masalah tersendiri bagi lingkungan. Selain sebagai pemicu eutrofikasi, detergen juga mengandung surfaktan yang berbahaya bagi organisme di perairan. Salah satu organisme yang kelangsungan hidupnya terganggu adalah plankton Daphnia sp, produsen ekosistem.

Sebuah penelitian dilakukan untuk menganalisa kadar toksisitas detergen pada Daphnia sp. Hasil penelitiannya menunjukkan tingkat kematian zooplankton berbanding lurus dengan bertambahnya konsentrasi detergen. Pernyataan yang benar tentang dampak pencemaran terhadap ekosistem, adalah…

A. Detergen tidak mengganggu populasi ikan dan tanaman air lainnya.

B. Selain mengandung surfaktan, detergen juga menurunkan tingkat keasaman perairan.

C. Sebagai penyebab eutrofikasi, detergen meyebabkan kadar oksigen dalam perairan berkurang.

D. Kadar detergen yang rendah tidak mengganggu plankton Daphnia sp.

 

  1. Salah satu gejala perubahan iklim adalah pemanasan global. Pemanasan global merupakan peristiwa meningkatnya suhu rata-rata permukaan bumi. Penyebab naiknya temperatur di bumi secara menyeluruh adalah karena tertahannya radiasi dan sinar matahari di atmosfir. Keberadaan gas-gas rumah kaca semakin meningkat setiap tahun di atmosfer menahan radiasi dan memantulkan kembali ke bumi sehingga temperatur bumi menjadi naik. Fenomena ini yang dikenal dengan efek rumah kaca. Beberapa faktor yang penyebab terjadinya efek rumah kaca adalah meningkatnya penggunaan alat transportasi dan kegiatan industri, adanya penggundulan hutan serta meningkatnya perilaku konsumtif manusia. Penyebab pemanasan global dan akibat penggunaan transportasi meningkat adalah…

A. Fenomena Efek rumah kaca dan Peningkatan suhu bumi

B. Peningkatan gas CO dan Peningkatan gas rumah kaca

C. Peningkatan suhu bumi dan Peningkatan gas rumah kaca

D. Fenomena Efek rumah kaca dan Peningkatan gas rumah kaca

E. Menemukan Uang

17. Dalam perjalanan pulang dari sekolah, Ahmad menemukan sejumlah uang di jalan. Setelah dihitung jumlah totalnya ada Rp275.000,00. Dengan uang tersebut, ia berpikir dapat dijadikantambahan untuk membeli HP yang diinginkan. Ia berpikir mungkin itu rezeki yang Allah berikan untuk dapat membeli HP baru. Namun ia gelisah, apakah uang itu akan ia ambil atau diumumkan dan diserahkan ke lembaga zakat. Kegelisahan yang dialami Ahmad sejalan dengan hadis ….

A. دع ﻣﺎ ﻳﺮﻳﺒﻚ إﻟﻰ ﻣﺎ ﻳﺮﻳﺒﻚ ﻓﺈن اﻟﺼﺪق ﻃﻤﺄﻧﻴﻨﺔ وإن اﻟﻜﺬب رﻳﺒﺔ

B. ﻣﻦ ﺣﺴﻦ إﺳم اﻟﻤﺮء ﺗﺮﻛﻪ ﻣﺎ ﻳﻌﻨﻴﻪ

C. ﻋﻠﻴﻜﻢ ﺑﺎﻟﺼﺪق ﻓﺈن اﻟﺼﺪق ﻳﻬﺪي إﻟﻰ اﻟﺒﺮ وإن اﻟﺒﺮ ﻳﻬﺪي إﻟﻰ اﻟﺠﻨﺔ

D. وإﻳﺎﻛﻢ واﻟﻜﺬب ﻓﺈن اﻟﻜﺬب ﻳﻬﺪي إﻟﻰ اﻟﻔﺠﻮر وإن اﻟﻔﺠﻮر ﻳﻬﺪي إﻟﻰ اﻟﻨﺎر

 

  1. Doa Malaikat

Pelajaran PAI di pagi itu sampai pada materi pentingnya memberi. Pak Guru menjelaskan sebuah hadis tentang doa malaikat kepada setiap orang di setiap pagi. Kepada yang berinfak didoakan mendapat ganti dan kepada yang kikir didoakan kebinasaan hartanya, sebagaimana hadis berikut:

ﻋﻦ أﺑﻲ ﻫﺮﻳﺮة، ﻗﺎل: ﻗﺎل رﺳﻮل ﷲ ﺻﻠﻰ ﷲ ﻋﻠﻴﻪ وﺳﻠﻢ: ﻣﺎ ﻣﻦ ﻳﻮم ﻳﺼﺒﺢ اﻟﻌﺒﺎد ﻓﻴﻪ إ ﻣﻠﻜﺎن ﻳﻨﺰن ﻓﻴﻘﻮل أﺣﺪﻫﻤﺎ  اﻟﻠﻬﻢ، أﻋﻂ ﻣﻨﻔﻘﺎ ﺧﻠﻔﺎ، وﻳﻘﻮل اﺧﺮ اﻟﻠﻬﻢ، أﻋﻂ ﻣﻤﺴﻜﺎ ﺗﻠﻔﺎ (ﻣﺘﻔﻖ ﻋﻠﻴﻪ)

Ali sangat bersemangat untuk mengamalkan hadis tersebut.

Perilaku manakah yang relevan dilakukan Ali sebagai bentuk pengamalan terhadap hadis tersebut?

A. Mentraktir teman-teman kelasnya jajan di kantin madrasah dan Menginfakkan sebagian uang jajannya setiap hari di kotak amal madrasah.

B. Menginfakkan sebagian uang jajannya setiap hari di kotak amal madrasah dan Memberikan semua uang jajannya kepada temannya yang yatim di madrasah

C. Memberikan semua uang jajannya kepada temannya yang yatim di madrasah dan Menginfakkan sebagian uang jajannya setiap hari di kotak amal madrasah.

D. Menyisihkan 10% dari uang jajannyauntuk diinfakkandi setiap hari jumat dan Menginfakkan sebagian uang jajannya setiap hari di kotak amal madrasah

 

  1. Perhatikan QS. Al-An’am: 152 berikut ini!

و ﺗﻘﺮﺑﻮا ﻣﺎل اﻟﻴﺘﻴﻢ ا ﺑﺎﻟﺘﻲ ﻫﻲ اﺣﺴﻦ ﺣﺘﻰ ﻳﺒﻠﻎ اﺷﺪه ۚواوﻓﻮا اﻟﻜﻴﻞ واﻟﻤﻴﺰان ﺑﺎﻟﻘﺴﻂ ﻧﻜﻠﻒ ﻧﻔﺴﺎ ا وﺳﻌﻬﺎ واذا ﻗﻠﺘﻢ ﻓﺎﻋﺪﻟﻮا وﻟﻮ ﻛﺎن ذا ﻗﺮﺑﻰ وﺑﻌﻬﺪ اﻟﻠﻪ اوﻓﻮا ذﻟﻜﻢ و ﺻﯩﻜﻢ ﺑﻪ ﻟﻌﻠﻜﻢ ﺗﺬﻛﺮون.

Ayat ini mengingatkan kita agar menjauhkan diri dari perilaku negatif dan membiasakan berperilaku positif. Berikut dua contoh perilaku negatif yang diingatkan oleh ayat tersebut, yaitu ….

A. orang yang tidak menepati janji dan orang yang tidak memuliakan kerabat

B. orang yang tidak berperilaku jujur dan orang yang tidak menepati janji

C. orang yang tidak memuliakan kerabat dan orang yang tidak menjaga amanah

D. orang yang tidak menjaga amanah dan orang yang tidak menepati janji

 

  1. Alfin adalah seorang pelajar menengah pertama yang salah pergaulan. Waktunya habis digunakan untuk melakukan hal-hal yang tidak bermanfaat. Kewajiban ibadah ia lupakan, padahal sebelumnya ia adalah anak yang rajin mengaji dan salat di masjid. Ia pernah mengungkapkan keinginan hidup seperti dulu, tapi ia masih merasa bimbang. Menurut Anda, apa yang sebaiknya Alfin lakukan dengan memperhatikan firman Allah berikut:

ﻗﻞ ﻳﻌﺒﺎدي اﻟﺬﻳﻦ اﻓﻮا ﻋﻠﻰ اﻧﻔﺴﻬﻢ ﺗﻘﻨﻄﻮا ﻣﻦ رﺣﻤﺔ اﻟﻠﻪ ۗان اﻟﻠﻪ ﻳﻐﻔﺮ اﻟﺬﻧﻮب ﺟﻤﻴﻌﺎ ۗاﻧﻪ ﻫﻮ اﻟﻐﻔﻮر اﻟﺮﺣﻴﻢ (اﻟﺰﻣﺮ: 53)

A. mencari kehidupan dan lingkungan baru

B. menjauh dari semua teman lamanya

C. menikmati jalan hidupnyasambil berniat untuk berubah

D. bersikap optimis dan terus berusaha berubah

 

Demikian contoh soal masuk MAN IC 2023 Terupdate yang dapat kamu gunakan untuk belajar sebelum ujian masuk sekolah. Semoga contoh soal masuk MAN IC 2023 Terupdate di atas dapat membantumu ya!

Leave a Reply